SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUMBERAGUNG TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN JAGA JARAK, MEMAKAI MASKER, MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGI MOBILITAS  

PENANGANAN ODGJ DI DESA SUMBERAGUNG

AHMAD SAIFULLAH | 06 Januari 2024 09:23:52 | Berita Desa | 118 Kali

Pada tanggal 05 Januari 2024 hari Jum'at Babinsa dan Pemdes Desa Sumberagung memandikan ODGJ yang sudah lama berada di Desa Sumberagung. ODGJ tersebut dibawa ke dinas sosial dengan bantuan dari TKSK .

ODGJ adalah orang yang mengalami gangguan dalam berpikir, berperilaku, dan berperasaan yang kemudian terbentuk dalam sekumpulan gejala atau perubahan perilaku yang bermakna, dan dapat menimbulkan penderitaan serta hambatan dalam menjalankan fungsi sebagai manusia.

Cara yang tepat untuk menangani ODGJ

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki gangguan jiwa atau tidak, diperlukan pemeriksaan kejiwaan yang hanya boleh dilakukan oleh dokter atau psikiater.

Diagnosis dari psikiater akan membantu menentukan jenis gangguan jiwa yang diderita serta tipe pengobatan yang sesuai. Umumnya, ODGJ dapat ditangani dengan metode-metode berikut:

Obat-obatan medis

Jenis obat yang diresepkan untuk ODGJ akan bergantung pada jenis gangguan jiwa yang diidapnya. Biasanya, gangguan yang terkait dengan suasana hati, seperti depresi atau bipolar, dapat ditangani dengan obat antidepresan.

Ada beberapa jenis obat yang hanya perlu dikonsumsi dalam rentang waktu yang ditentukan dokter. Namun, ada kemungkinan pasien harus mengonsumsi obat seumur hidupnya.

Psikoterapi

Selain obat-obatan medis, ODGJ juga dapat menjalani psikoterapi yang dilakukan oleh psikolog dan psikiater. Tujuan dari terapi ini adalah untuk mengatasi masalah psikologis serta emosional yang dialami pasien.

Psikoterapi adalah proses yang membantu pasien dalam mengenali kondisi yang dialaminya secara mendalam, serta membimbing mereka untuk menghadapi pikirannya dengan cara yang tepat.

Apabila Anda atau orang-orang terdekat Anda menunjukkan tanda-tanda ODGJ, jangan ragu untuk mencari bantuan ke psikolog atau psikiater.

Mulailah membuat perubahan dari diri sendiri dengan tidak mendiskriminasi atau menjauhi orang-orang dengan masalah mental. Berikan dukungan dan kepedulian agar pasien tahu bahwa ia tidak sendirian menghadapi penyakitnya.

sumber : https://hellosehat.com/mental/odgj-gangguan-jiwa/

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln Lasem - Pamotan Km 5.5 kode pos 59262
Desa : SUMBERAGUNG
Kecamatan : PANCUR
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59262
Telepon :
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung